News

2022-09-01
News

5 Keunggulan Menggunakan CNC Cutting Pada Kayu

Mesin CNC Cutting yaitu sebuah proses yang dikendalikan oleh perangkat lunak yang sudah tesistem pada komputer. Kata CNC memiliki kepanjangan Computer Numerical Control. Dalam pengerjaannya, mesin CNC Cutting menggunakan spindle atau mata router. Karena itu, mesin CNC Cutting juga seringkali disebut CNC Router. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan mesin cutting CNC adalah sebagai berikut :



1. Memiliki Kecepatan Dan Presisi Tinggi



Teknologi mesin CNC membawa perubahan besar dalam industri furniture. Mesin ini memiliki kecepatan tinggi. Sehingga memberi keuntungan mempersingkat waktu proses pembuatan sebuah produk. Pada mesin CNC Cutting kayu, kecepatannya mencapai kisaran 13.000 hingga 24.000 RPM. Kecepatan yang dimiliki mesin CNC kayu ini sangat tepat digunakan untuk menghasilkan produk dalam jumlah besar.



2. Dapat Menciptakan Pola Yang Kompleks



Ada banyak jenis mata router yang digunakan pada mesin CNC Cutting. Satu jenis mata router dengan jenis lainnya memiliki keistimewaan masing-masing. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk memotong maupun menggrafir. Beberapa jenis mata router yang digunakan antara lain mata router twist bits, masonry bits, dan spur bits. Selain itu, ada juga jenis countersink bits, metal, dan hole saw bits. Dengan begitu, mesin CNC ini dapat menghasilkan pola yang bervariasi dan kompleks.



3. Terintergrasi Dengan CAD/CAM/CAE



CAD (Computer Aided Design) adalah suatu program komputer untuk menggambar suatu produk atau bagian dari suatu produk. Kini perangkat CAD semakin berkembang pesat. Perangkat ini sudah terintergrasi dengan CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing). Integrasi 3 perangkat lunak ini menyempurnakan hasil visual secara realistik. Proses kerjanya dimulai dari mendesain model CAD. Setelah itu, mengkonversi file CAD ke program CNC sesuai dengan produk yang akan dibuat.



 



Program yang dikenal sebagai G-Code tersebut, selanjutnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC Cutting untuk menggerakkan perkakas. Gerakan itu melakukan proses permesinan hingga menghasikan produk sesuai dengan program yang telah diatur. Semua proses ini berlangsung sangat cepat.



4. Dapat Digunakan Pada Beragam Jenis Bahan



Keunggulan lain dari mesin CNC Cutting adalah dapat digunakan pada berbagai jenis bahan. Selain kayu, CNC Cutting juga dapat digunakan untuk bahan aluminium, baja, kaca, dan plastik. Menggunakan jenis bahan apapun, produk yang dihasilkan dengan proses CNC Cutting memiliki presisi tinggi. Anda sebagai konsumen dapat lebih mudah menyesuaikan dengan budget. Selain furniture, mesin CNC Cutting seringkali digunakan untuk memproduksi wall panel dalam bentuk 2D maupun 3D dan sekat ruangan.



5. Perawatan Yang Mudah



Pengoperasian dan perawatan yang tepat adalah kolaborasi yang pas untuk memperpanjang umur mesin. Juga berfungsi mengurangi insiden gagal produk yang dihasilkan dengan menggunakan mesin CNC Cutting, memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu, produk dapat dikatakan lebih awet. Untuk menghasilkan produk berkualitas baik, maka diperlukan perawatan mesin CNC Cutting. Perawatan dianggap penting karena pastinya memberikan pengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Kalau ada sedikit eror saja pada mesin, maka level kualitas produk pun ikut menurun.

Jadi, diperlukan perawatan mesin CNC Cutting rutin. Ini sebagai antipasti agar mesin tidak cepat rusak. Perawatan yang dimaksud adalah hindari sinar matahari langsung, debu, dan kelembaban yang berlebihan. Selain itu, jauhkan dari peralatan dengan getaran tinggi