News

2022-08-30
News

PENGENALAN SCREW COMPRESSOR

Salah satu kompresor yang banyak digunakan di dunia industri adalah compressor screw. Sesuai dengan namanya, kompresor ini bekerja dengan menggunakan sistem ulir (screw). Prinsip kerja screw kompresor adalah menghisap, mengompres, dan mengeluarkan udara. Screw kompresor ini umumnya digunakan dalam industri manufaktur.  Ada 4 jenis screw kompresor, yaitu screw kompresor tunggal, screw kompresor ganda, screw kompresor bebas oli (oil-free), dan kompresor injeksi oli (oil-injected).



Screw compressor juga tersedia dalam berbagai jenis, salah satunya adalah screw compressor low RPM permanent magnet inverter. Jenis sekrup kompresor ini telah didukung oleh teknologi permanent magnet. Berkat teknologi tersebut, screw air compressor tidak akan menghasilkan suara yang bising dan bisa menghemat energi hingga 40%. Tentu saja compressor ini sangat cocok untuk kebutuhan industri supaya bisa menghemat budget.



Selain terdapat jenis permanent magnet inverter, pada screw compressor terdapat salah satu jenis lainnya yaitu jenis Direct Drive Screw Compressor. Adapun penjelasan dari Direct Drive Screw Compresor adalah salah satu jenis kompresor kecil dengan ukuran maksimal 2 HP yang dilengkapi dengan mesin penggerak yang tenaganya didapat dari piston. Kompresor ini cirinya berukuran kecil tetapi jika dinyalakan suaranya berisik dan terdapat tempat oli dimesinnya. 



Teknologi baru menggunakan Permanent Magnet (PM) sangat untuk mengurangi konsumsi listrik yang dibutuhkan, bahkan dalam kecepatan yang rendah sekalipun. Karena tak lagi menggunakan bearing, biaya overhaul akan terpangkas secara signifikan dan Anda dapat menikmati efisiensi energi yang jauh lebih tinggi. Dengan ukuran yang lebih kecil dari motor pada umumnya, PM Motor dapat diinstalasi dengan mudah dan bahan magnetiknya pun dapat tetap berfungsi pada suhu yang tinggi sekalipun.